Tim Gerustik Memberikan Tas Belanja Gratis Tim Gerustik Memberikan Tas Belanja Gratis

30
Okt

Untuk Mengurangi Plastik, Tim Gerustik Memberikan Tas Belanja Gratis

Sangatta- Setelah Berau Tim Gerustik (Gerakan Pengurangan Sampah Plastik) lanjut membagikan Tas Gerustik produk UMKM KSM Anggrek ke Pejabat, Tokoh Masyarakat, Sekolah dan Masyarakat di Sangatta Kutai Timur. Tim Gerustik pada Kabupaten Berau dan Kutim di pimpin Sarifudin Asy Syahran telah membagikan 200 Tas dari Total 2.000 Tas yang akan dibagikan di seluruh Kabupaten/ Kota di Kalimantan Timur.

"Diharapkan nantinya masyarakat sudah mulai menggunakan tas yang kuat dan dapat dipakai berulang-ulang, serta aman bagi kesehatan sehingga tidak lagi menggunakan kantong plastik, baik di supermarket maupun pasar tradisional. Kami lagi galang kemitraan baik Pemerintah Daerah, Perusahaan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organisasi Masyarakat, Sekolah, Organisasi Pedagang agar bersama sama menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah plastik yang tentunya akan mengganggu stabilitas ekosistem. Selain dari sisi lingkungan gerakan ini juga menekankan pada cinta produk UMKM lokal maka diharapkan Tas pengganti kantong plastik yang ada, yang hanya sekali pakai dan cepat rusak merupakan Tas Produk UMKM. Saat ini kami mempersiapkan 2000 Tas yang akan kami bagi ke masyarakat yang merupakan bantuan dari PT. Kaltim Nitrate Indonesia sebagai Perusahaan Pelopor, mudahan perusahaan lain di Kalimantan Timur bahkan Nasional bisa juga memberikan perhatiannya untuk membeli Tas Buatan UMKM lokal yang memenuhi standar untuk dibagikan kepada masyarakat. Mudahan kedepannya akan menjadi pola pembiasaan atau budaya. Kami akan terus memberikan sosialisasi, penyadaran kepada masyarakat, stakeholder terkait pentingnya pengurangan sampah plastik, terus dan siap mendistribusikan Tas Gerustik" Ujar Sarifudin.

"Kami Sudah memberikan Tas Gerustik kepada Anggota DPRD Sangatta, Sekwan DPRD Kutai Timur, Assisten 2 Sekretaris Daerah Kutai Timur, ke SMA 1 Sangatta,  Bahkan Kami Telah Memberikan ke Pembeli dan Pedagang di pasar tradisional di Sangatta Kutai Timur pada hari ini 30 Oktober 2021" Tegas Sarifudin. 

"Terima Kasih saya ucapkan kepada PT. Kaltim Nitrate Indonesia (PT. KNI), Terima Kasih Kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur (Dinas Perindagkop UKM Kaltim) atas kerjasamanya dengan kampus, mudahan kedepannya menjadi gerakan sosial dan terciptanya kesadaran kolektif" Lanjut Sarifudin

Hal ini juga disampaikan Mardawati MZ selaku Waka Kurikulum SMA 1 Sangatta "Kami sangat mengapresiasi dan sangat mendukung program Gerustik (Gerakan Pengurangan Sampah Plastik), dimana program ini sangat sejalan dengan moto sekolah Kami yaitu Peduli Lingkungan, harapan semoga lingkungan semakin lestari, menambah nilai jual dan meningkatkan pendapatan UMKM Llkal serta berkelanjutan" Tegasnya

Hal ini juga di sampaikan Basri Sangga Langi "Saya Sebagai anggota DPRD Kutim memberi aspresiasi terhadap program ini, mudahan program ini berjalan dengan baik sehingga sampah plastik bisa berkurang" Tergasnya 

Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur H. Iksanuddin Syerpi Mengatakan "Mengharapkan sampah plastik perlu dikurangi, bahwa gerakan pengurangan Sampah Plastik atau Gerustik sangat baik, Kami akan sampaikan kepada Pimpinan Dewan" Tegasnya.

Sementara itu Kadis Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif Kutim, Darsafani mengatakan " Bahwa Program Gerustik dengan Tas yang Kuat ini Produk UMKM  digunakan berbelanja pengganti kantong plastik yang dapat dipakai berulang-ulang merupakan Program pertama yang ada, Terus brlanjut untuk meningkatkan mengurangi sampah dari kantong plastik dan meningkatkan nilai ekonomi bagi UMKM lokal(*)

Share this post: