Perindagkop UKM Kaltim Gelar Bimtek Kelembagaan dan Manajemen Usaha di Kutai Timur Perindagkop UKM Kaltim Gelar Bimtek Kelembagaan dan Manajemen Usaha di Kutai Timur

30
Okt

Koperasi dan UMKM Se Kutim ikuti Bimtek Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Manajemen Usaha

Sangatta- Dalam rangka penguatan kelembagaan dan pengembangan manajemen usaha sektor rill, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur (Dinas Perindagkop UKM Kaltim)  memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepada Koperasi Sektor Rill dan UMKM Se-Kabupaten Kutai Timur, di Ruang Pelangi Hotel Royal Victoria Sangatta, Sabtu (30/10/2021)

Kegiatan dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kutim Suroto sekaligus mewakili Bupati membuka acara, Atikah Kabid Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim, Darsafani Kadis Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif Kutim. Bimtek ini di ikuti 60 orang peserta terdiri Koperasi dan UMKM yang ada di Kutim.

Dalam sambutannya Asisten II Suroto menyampaikan  “Melalui kegiatan Bimtek penguatan Kelembagaan Sektor Rill dan Manajemen Usaha ini tentunya akan memberikan dampak positif terhadap pengembangan usaha Koperasi di seluruh Kab. Kutai Timur dan pelaku usaha UMKM lainnya,” ujarnya .

“Dengan peningkatan manajemen yang baik, diharapkan usaha koperasi maupun pelaku usaha kecil di daerah ini bisa terus berkembang. Inovasi dan inisiatif untuk menciptakan produk lokal yang bisa bersaing di pasaran,  karena persaingan ekonomi semakin ketat,” tegas Suroto.

Sementara itu Kadis Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif Kutim Darsafani mengatakan, “Diharapkan dengan penguatan kelembagaan koperasi dan manajemen Usaha UMKM dapat meningkatkan usaha agar lebih maju,” ujarnya.

“Untuk koperasi di Kutim semuanya berjumlah 1100 unit, Kita Mendorong Koperasi melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT)” Tegasnya

Kabid Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim Atikah menjelaskan “Dimana dengan bimtek hari ini, kami berusaha  bagaimana pelaku usaha baik koperasi dan UMKM bisa meningkat pengetahuan, kompetensinya sesuai perkembangan yang ada saat ini, di era digital seperti ini semuanya harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada, dimikian juga Covid mulai melandai, untuk menghadapi era setelah Covid pelaku usaha harus siap menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Dari berbagai kegiatan yang kami lakukan  ini dapat menyesuaikan. Kami namai capacity building adalah usaha kami meningkatkan kemampuan pelaku usaha salah satunya adalah bimtek hari ini, karena ada juga yang berbentuk diklat, pelatihan-pelatihan, sosialisasi, pameran, learning Tour membawa UMKM ke Jakarta ke Kementerian Koperasi dan UMKM, ke Pusat Niaga. Kami terus berupaya Koperasi dan UMKM terus meningkat maka perlu upaya bersama dari Provinsi, Pemeritah kabupaten/Kota se Kaltim juga dengan Kementerian terkait” ujarnya.

“Si UKM lebih maju lagi,naik kelas berdaya saing. Si pelaku pengurus Koperasi lebih handal lagi, solid di dalam menjalankan kegiatan koperasinya” Tegas Atikah.

Acara Diklat yang dilaksanakan 08.30 -16.00 wita ini, menghadirkan narasumber Ferdiansyah, Muharram Al Kahfi, Indra Widodo, Sarkawi dan Sarifudin Asy Syahran.(*)

Share this post:

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.