MOU FISIP UNMUL dengan PT. KNI MOU FISIP UNMUL dengan PT. KNI

07
Okt

FISIP Unmul Gandeng PT. KNI Kerjasama Pendidikan dan Pengurangan Sampah Plastik

Guna  mewujudkan SDM yang lebih unggul dan pengabdian masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) mengandeng PT. Kaltim Nitrate Indonesia (PT. KNI) yang di tuangkan dalam Nota Kerjasama (MoU) yang ditandatangani Rheza Zackarias selaku Government, Community Relation & GA Dept. Head dan  Muhammad Noor selaku Dekan Fisip Unmul di Ruang Serbaguna Fisip Unmul, Samarinda pada Kamis 7/10/2021.

Dalam kesempatan ini PT. KNI menyerahkan 1.000 tas belanja buatan KSM Anggrek kepada Fisip Unmul untuk di bagikan kepada masyarakat guna mensukseskan Program Gerakan Pengurangan Sampah Plastik Pembangunan Sosial (Gerustik Pemsos) 2021 dengan mengunakan produk UMKM lokal oleh Program Studi Pembangunan Sosial Fisip Unmul,

Program Gerustik sejalan dengan program PT. KNI  pengurangan sampah plastik, yang mendapat pengakuan bahwa PT. KNI telah meraih penghargaan di bidang lingkungan dalam ajang Indonesia Green Award (IGA) 3 (Tiga) tahun berturut turut tahun 2019-2021, serta penghargaan Indonesia CSR Awards 2020 Social Investment & Sustainable Dovelopment dengan Kategori Gold dalam keterlibatan dan pengembangan masyarakat, pemberdayaan komunitas berwawasan lingkungan  Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggrek.

“Produk Tas Buatan KSM Anggrek merupakan produk daur ulang limbah karung asam nitrate yang berasal dari PT. KNI menjadi tas belanja, tas motor, polybag tanah untuk tanaman, yang ramah akan lingkungan yang memiliki nilai ekonomis yang harga jualnya Rp.15.000 hingga Rp.20.000, sudah cukup untuk meningkatkan perekonomian para masyarakat sekitar” Tegas Hartono pelopor KSM Anggrek.

Rheza Zacharias selaku Government Community Relation dan GA Dept. Head PT. KNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa dijalinnya kerjasama tersebut merupakan langkah awal dalam pengembangan masyarakat yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

“kami berkomitmen  selalu proses berkelanjuatan tidak hanya satu atau dua kali lalu selesai. Salah satunya program yang kami jalankan adalah program pengolahan atau daur ulang limbah plastik dari perusahaan yang dikelolah oleh KSM Kami, yaitu KSM Anggrek yang merupakan kerjasama dengan masyarakat” ujar Rheza.

Pada kesempatan ini M Noor Dekan Fisip Unmul. menyampaikan “siap mendukung dan bergandeng tangan dalam mensukseskan kegiatan gerakan pengurangan sampah plastik yang diinisiasi Program studi bersama PT. KNI,  Kami harapkan kerjasama ini agar dapat di perluas di bukan hanya pengabdian masyarakat, tapi juga pendidikan seperti program magang bagi mahasiswa kami”

Acara diakhiri dengan presentasi  perkembangan Program Gerustik oleh Sarifudin Asy Syahran dosen Fisip Unmul.

 “ Bahwa Kami telah melakukan penelitian, sosialisasi kepada masyarakat melalui sekolah di 9 (Sembilan) Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur, sosialisasi melalui social media dilanjutkan nantinya mendistribusikan tas belanja bantuan PT. KNI yang merupakan Produk KSM Anggrek. Tas telah melewati uji kekuatan dan dapat dipakai berulangkali sehingga mengurangi penggunaan tas plastik. Mudahan program Gerustik ini bukan sekedar gerakan lokal saja tapi juga gerakan nasional hingga internasional” Ujar Sarifudin dalam presentasinya.

Acara dihadiri Tim PT. KNI antar lain Rheza Zacharias, Wisnu Ahmadin, Rahmat Haryono dan Hartono (KSM Anggrek), Dekan ,Wakil Dekan, Dosen, Koordinator Program Studi, Dosen dan Perwakilan Mahasiswa  Fisip Unmul.

Mou Fisip Unmul dan PT. KNI

@2021* Zhienka Putri Wijaya dan Salma Safitri

Share this post: